Paedagogik

Bagi rekan-rekan yang memang mendedikasikan dirinya pada dunia pendidikan, tentulah kiranya harus mengetahui apa yang disebut paedagogik. mungkin sebagian dari kalian pernah mendengar apa itu paedagogik. sebenarnya lumrah diartikan bahwa paedagogik adalah ilmu mendidik. Namun dalam buku Paedagogik sendiri dijelaskan bahwa Paedagogik adalah Ilmu yang memiliki otonomnya sendiri dan terdapat beberapa sub ilmu di dalamnya yang telah di sistemisasi. Tentu saja objek materiil Paedagogik dan ilmu lainnya bisa dibedakan sekalipun pada dasarnya manusia lah yang menjadi objek utama. namun pada manusia bagian mananya sementara banyak sekali bagian dalam manusia. Sedangkan ilmu psikologi pun memiliki objek materiil manusia. namun Paedagogik memiliki perbedaan tersendiri yang menyebabkan Paedagogik disebut sebagai ilmu pengetahuan yang terpisah dari ilmu-ilmu lainnya.
Sebagai seorang pendidik, tidak boleh tidak mengetahui tentang Paedagogik ini, karena pada dasarnya tujuan dari Paedagogik adalah untuk mengetahui hal-hal apa yang harus diperhatikan pada saat mendidik anak dan bagaimana sang pendidik bisa mendidik anak tersebut dengan baik dan benar.
Maka dikatakan bahwa pendidikan itu berlangsung ketika terjadi pergaulan antara anak dewasa dan anak kecil, anak dewasa yang menjadi pendidik dan anak didik menjadi objek pendidikannya. namun tidak semua pergaulan tersebut disebut pendidikan. Hanya ketika pendidik atau orang dewasa tersebut memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi si anak didik maka barulah disebut pendidikan.

#tobecontinued

Komentar

Postingan Populer